Senin, 09 Desember 2013

CARA ANEH MENGATASI HARDIS TIDAK TERBACA DI PC



Cara yang aneh. Di tulisan pertama saya ini, saya akan bercerita tentang pengalaman pribadi saya mengatasi masalah hardisk (HDD) PC saya yang tidak bisa dibaca oleh BIOS. Pas lagi kejar setoran buat komposisi lagu di PC, tibaba-tiba gambar dimonitor PC saya kaku dan tidak bisa diapa-apain lagi, Saya coba keluarin pakai task manager pun tidak bisa. Akhirnya saya memutuskan untuk mematikan secara paksa PC dengan menekan tombol Powernya. Beberapa saat kemudian saya mencoba menghidupkan kembali PC saya, alhasil pc saya gagal booting dan muncul tulisan DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER .saya priksa di system Bios teryata HDD saya tidak terbaca. Rasa takut pun mulai menghantui saya, dalam hati mampus lah semua data-data dalam hardisk saya.

Berbagai macam cara yang disaran teman-teman sudah saya lakukan, mulai dari mengecek semua kabel di PC, mengganti semua kabel SATA HDD, mencoba HDD di PC lain, sampai saya bongkar semua dari Power Suplay, Ram, HDD, VGA, Monderboard terus saya pasang lagi, hasilnya pun PC saya masih gagal booting. Setelah lelah dan merasa putus asa, iseng-iseng bercampur geram saya memasang Hardisk saya dan meletakkannya begitu saja dilantai dengan keadan HDD terbalik. setelah saya nyalakan PC saya teyanta Alhamdulilah PC saya berhasil masuk ke Windows.
 
Setelah saya analisis, entah teori dari mana saya pun ngak tau teryanta HDD saya bisa berfungsi normal jika dipasang dalam keadaan terbalik seperti dibawah ini.




Anehnya lagi ni Hardisk ngak bakalan terbaca jika dipasang pada posisi normalnya. sekarang PC saya bisa berjalan normal seperti semula dan tidak ada masalah lagi. Mungkin cara ini bisa dicoba untuk teman-teman yang mengalami permasalahan yang serupa dengan saya. Memang tidak ada jaminan ataupun teori pasti ini akan berhasil, tetapi tidak ada salahnya mencoba setelah melakukan berbagai cara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar